Pantai-pantai pasir putih Selatan Lombok

Pantai pantai pasir putih di Lombok bagian Selatan memang tidak dan belum seterkenal di Bali atau saudara kandungnya seperti 3 gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air yang terletak di Utara atau bahkan Senggigi di bagian Barat. Padahal pantai di Lombok Selatan ini tidak kalah putih dan bagus dari saudaranya 3 Gili tersebut yang sudah berkembang lebih dulu bahkan kalah sama saudaranya Senggigi. Ini mungkin disebabkan karena belum tersedianya fasilitas yang memadai seperti penginapan atau hotel dikawasan pantai Selatan tersbut. Dulu sekitar 6 tahun yang lalu (pertama sekali menginjakkan kaki ke Pulau Lombok ini di akhir April 2009) hanya ada satu hotel bernama Novotel yang sekarang berganti nama menjadi hotel Mandalika dan beberapa guest house. Tentu saja hal ini sangat jauh dari kata cukup. Juga diiringi dengan penerbangan yang hanya dilayani oleh Merpati yang beroperasi 3x seminggu dan hanya mengangkut belasan orang.

Sejak dibukanya Bandara Internasional Lombok (BIL) sekitar 3 tahun lalu memang memudahkan jalur transportasi namun belum mampu membawa banyak perubahan siginifikan di bagian pantai Selatan. Hanya ada beberapa guest house (rumah penginapan) yang bertambah disekitar pantai Kuta dalam kurun waktu 3 tahun belakangan ini. Tetapi bagaimanapun dengan adanya penerbangan langsung menuju Lombok dirasakan sangat memudahkan untuk menjangkau daerah ini. Mudah-mudahan tahun mendatang dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang ke Lombok dapat membantu mempercepat pembangunan di Lombok Selatan ini.

Adapun akses jalan menuju pantai-pantai tersebut sebenarnya sudah cukup bagus. Pantai-pantai di bagian selatan ini dapat dijangkau 1.5 jam dari Senggigi, atau 1 jam dari Mataram. Daerah terdekat untuk bermalam agar dapat menikmati pantai-pantai indah ini adalah daerah Kuta Lombok. Waktu yang diperlukan berkisar 10 hingga 30 menit ke masing masing pantai yang tertera di bawah. Biaya parkir tiap pantai ini Rp. 10.000 untuk roda empat dan Rp. 5.000 untuk roda dua.

Pantai tersebut adalah:

1. Pantai Mawun

DSC_4655
Pantai Mawun dengan pasir putihnya juga spot yang bagus untuk berselancar

2. Pantai selong Belanak

Selong blanakSelong blanak2selong

3. Pantai Kuta

DSC_4644
Pantai Kuta yang indah

4. Pantai seger (spot untuk berselancar / surfing)

seger1seger2seger3

5. Pantai Semeti

DSC_1324
Pantai Semeti yang pasirnya tak kalah putih dari pantai lainnya di Selatan
DSC_1355
Anak-anak dengan canda tawa bermain di Pantai semeti
DSC_1334
Terlihat jelas pantai pantai lain yang berpasir putih dari pantai Semeti

6. Pantai Tanjung Aan

DSC_4605
View pantai Tanjung Aan dari atas bukit Batu Payung
DSCF2649
Pantai Tanjung Aan

1

7. Pantai Batu Payung.

DSC_4590DSC_4592DSC_4625DSC_4592batu undak

8. Tanjung Bloam.

Pantai Tanjung Bloam dapat ditempuh sekitar 45 menit dari Pantai Kuta Lombok. Pantai ini tidak memiliki pasir putih namun hanya berlandaskan batu karang yang agak panjang dengan tonjolan bukit diujungnya dengan sisi tebing yang indah.

t.bloamt.bloam1t.bloam2t.bloam3

One thought on “Pantai-pantai pasir putih Selatan Lombok”

Comments are closed.